S2 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

Ilmu Kesehatan Masyarakat (M.Kes)

PENGANTAR

Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana URINDO berdiri   pada tanggal 21 Mei 2000 dan mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan melalui Surat Keputusan No. 2598/D/T/2001 dengan nama Magister Kesehatan Masyarakat dan telah mengalami beberapa kali perpanjangan yaitu tahun 2004, 2007, 2010 dan Tahun 2012 dengan SK Dirjen DIKTI No. 3981/D/T/K-III/2010. Pada tahun 2006, program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana URINDO telah mendapatkan status akreditasi dari BAN-PT No. 014/BAN-PT/Ak-IV/S2/I/2006 dan  telah dilaksanakan akreditasi ulang   serta mendapat SK BAN-PT No. 002/BAN-PT/Ak-X/S2/V/2012 mendapatkan nilai Akreditasi B.

Tahun Akademik 2010/2011, program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat  (IKM) Program Pascasarjana URINDO, telah memasuki angkatan ke sebelas (XI) dan telah meluluskan Magister Kesehatan Masyarakat (M.Kes) sebanyak 288 (lulusan tahun 2004-2010) yang tersebar di perbagai wilayah Indonesia seperti Aceh, Riau, Pekanbaru, Medan, Palembang Lampung, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Serang, Bandung, Tasikmalaya, Banten,Sumedang, Indramayu, Cirebon, Yogyakarta, Kalimantan, dan Papua . Para alumni program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana URINDO tersebut, bekerja di perbagai instansi pemerintah antara lain di Departemen Kesehatan, Departemen Sosial, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Gatot Soebroto, Perguruan Tinggi Swasta (Sekolah Tinggi Kesehatan), Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan, serta Palang Merah Indonesia.

VISI

Menjadi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat unggul dalam menghasilkan magister yang berjiwa kewirausahaan dalam rangka pencapaian pembangunan yang berkelanjutan dan diakui secara internasional pada tahun 2025.

MISI

  • Menyelenggarakan  pendidikan yang menghasilkan magister kesehatan masyarakat yang profesional, produktif, kreatif dan inovatif.
  • Memfasilitasi pelaksanaan  penelitian dan publikasi di bidang kesehatan masyarakat untuk menjawab tantangan perubahan jaman.
  • Memfasilitasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.
  • Melaksanakan kegiatan akademik dengan tata kelola yang baik mengacu standar nasional dikti di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat.

TUJUAN

Menghasilkan lulusan S-2 yang sanggup menj

adi inovator dan motivator dalam kegiatan pengembangan Ilmu Kesehatan Masyarakat, sekaligus mampu melakukan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) maupun Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dalam mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan MDG.

Menghasilkan tenaga-tenaga analis tingkat magister yang memahami teori dan metodologi dalam pengembangan Ilmu Kesmas sebagai pendekatan interdisiplin sehingga mereka dapat mendukung pengembangan UKM yang kompetitif dan berkelanjutan.

Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis dan menginterprestasikan kebijakan makro pemerintah dan kebijakan mikro organisasi para pelaku kesehatan masyarakat dalam suatu tatanan sistem kesehatan.

 

LAMA PENDIDIKAN

Pendidikan  ditempuh selama  4 (empat) semester, dengan tiga semester perkuliahan dan satu semester untuk penelitan dan tesis

GELAR LULUSAN

Lulusan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana  URINDO menyandang gelar M.Kes (Magister Kesehatan)

PEMINATAN

Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana URINDO saaat ini memiliki 4 peminatan, yaitu :
Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP/Promkes)

  1. Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)
  2. Kesehatan Reproduksi (Kespro)
  3. Epidemiologi Terapan (Epid)

Pada tahun ini juga akan dibuka peminatan Bidan Komunitas. Peminatan hanya dibuka apabila jumlah peminat minimal 15 mahasiswa. Apabila jumlah peminat kurang dari 15 mahasiswa, akan di program khusus.

KOMPETENSI LULUSAN  :

Kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat secara umum adalah sebagai berikut: memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun strategi dan kebijakan kesehatan. Selanjutnya untuk masing-masing peminatan mempunyai kompetensi tambahan yang khas sesuai peminatannya sbb:

Peminatan AKK:

  1. Memiliki kemampuan menganalisis dan sintesis permasalahan kesehatan masyarakat dan upaya mengatasi masalah tersebut sesuai spesifikasi masing-masing peminatannya
  2. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun, mengelola dan mengevaluasi program  kesehatan masyarakat
  3. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun proposal penelitian , manajemen kesehatan dan melaksankannya dengan baik

Peminatan PKIP:

  1. Memiliki kemampuan menganalisis dan sintesis aspek perilaku permasalahan kesehatan masyarakat dan upaya mengatasi masalah tersebut
  2. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun, mengelola dan mengevaluasi program promosi  kesehatan masyarakat secara efektif
  3. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun proposal penelitian perilaku  kesehatan dan melaksankannya dengan baik

Peminatan EPIDEMIOLOGI:

  1. Memiliki kemampuan menganalisis dan sintesis permasalahan kesehatan masyarakat dan upaya mengatasi masalah tersebut
  2. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam merencanakan, mengelola dan mengevaluasi surveilans epidemiologi, investigasi wabah, KLB
  3. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun proposal penelitian  kesehatan dan melaksankannya dengan baik

Peminatan KESPRO:

  1. Memiliki kemampuan menganalisis dan sintesis   permasalahan kesehatan masyarakat dan upaya mengatasi masalah tersebut
  2. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam merencanakan, mengelola dan mengevaluasi program  kesehatan reproduksi
  3. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun proposal penelitian   kesehatan reproduksi dan melaksankannya dengan baik

DOSEN PENGAJAR

Dosen program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana URINDO terdiri atas Guru Besar, Doktor, dan Magister.  Berikut daftar nama dosen :

  1. Prof. Dr. Tri Budi W. Rahardjo
  2. Prof. dr. H. Does Sampoerno, MPH
  3. Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo, SKM, MCH
  4. Prof. dr. Soeratmi Poerbonegoro, MPH, Ph.D
  5. Prof. Dr. dr. Buchari Lapau, MPH
  6. Prof. Dr. Sudarti Kresno, MA
  7. Prof. Dr. Haryoto Kusnoputranto
  8. Prof. Dr. dr. Sudijanto Kamso
  9. Prof. Dr. dr. Kusharisupeni, M.Sc.
  10. Prof. Dr. Herman Sudiman, SKM
  11. Prof. Dr. dr. Rachmadhi Purwana, SKM
  12. Prof. Dr. Muhammad Sudomo
  13. Dr. dr. L. Meily Wijaya
  14. Dr. Mondastri Korib Sudaryo
  15. Dr. Tri Krianto, M.Kes
  16. Dr. Yaslis Ilyas
  17. Dr. dr. Toha Muhaimin, MPH
  18. Dr. dr. Yongky, MM, M.Kes
  19. Dr. Budi Hartono, SE, MARS
  20. Dr. Iman Sumarno, MPH
  21. dr. Yahdin Syahlan, SKM
  22. dr. Nugroho Iman Santoso, SKM
  23. Boga Hardhana S.Si, MM
  24. Drs. Slamet Mulyono, MKes
  25. drg. Yusuf Kristianto, MKes
  26. Suryani Rahmah, SE, MARS
  27. Sugito, MKes
  28. Drs. Sutanto Priyo Hastono, MKes
  29. dr. Mieke Savitri, MKes
  30. Drs. Baderel Munir, MA
  31. dr. Kusdinar, M.Kes
  32. dr. Helda, MKes
  33. Ign. Anindya Wirawan N., SE, MSi
  34. Atik Kridawati, ST, MKes
  35. Surachman MKes
  36. dr. Zarfiel Tafal, MPH
  37. Pujianto, SKM, MKes

Dosen Tamu :

  1. Prof. Eef Hogervorst (Loughborough University, UK)
  2. dr. Winarno, MS (Praktisi)
  3. dr. Adi Sasongko (Praktisi PO)
  4. Prof. Dr. Habullah Tabrany
  5. dr. Hanna Permana, MARS (praktisi RS)
  6. Dr. Suharnyoto (Praktisi K3)
  7. Prof. dr. Tjandra Yoga Adiatama, MARS (praktisi RS)
  8. Prof. Dr. I Made Jaya

Lapangan Kerja Lulusan :

Departem Kesehatan, Departemen Sosial, Dinas Kesehatan Propinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Paleng Merah Indonesia, Perusahaan, Dosen, Peneliti, LSM Kesehatan.

Syarat-syarat Penerimaan Mahasiswa Baru :

  1. Lulus S1 PTS/PTN bidang Kesehatan/non Kesehatan . Bagi calon mahasiswa yang berasal dari S1 non Kesehatan diwajibkan mengikuti matrikulasi dan khusus  peminatan Bidan Komunitas dari D4 Kebidanan atau S1 Kesmas ditambah D3 Kebidanan
  2. Mengikuti Tes Ujian Masuk dan dinyatakan lulus
  3. Mengikuti tes prediksi TOEFL
  4. Menyerahkan fotocopy ijazah dan transkip nilai telah dilegalisir  2 lembar.
  5. Menyerahkan pas foto ukuran   3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 3 lembar
  6. Menyerahkan surat tugas belajar/ijin belajar dari instansi kerja dan fotocopy KTP