Magister Administrasi Rumah Sakit

Program Studi Administrasi Rumah Sakit Program Magister (Terakreditasi B)

 

VISI

Menjadi Prodi Administrasi Rumah Sakit Yang Mampu Bersaing di Kancah Nasional dan Internasional Dalam Menghasilkan Magister Administrasi Rumah Sakit Sebagai Seorang Manager Atau Praktisi Bidang Perumahsakitan Dan Didukung Dengan Kemampuan Analisis Sebagai Seorang Akademisi Serta Mempunyai Jiwa Kewirausahaan Pada Tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan magister rumah sakit yang memiliki kepemmimpinan yang visioner, profesional, produktif, kreatif dan inovatif.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan magister rumah sakit yang mampu menyelesaikan permasalahan Rumah Sakit, bersaing di tingkat global, dan berjiwa kewirausahaan.
  3. Memfasilitasi pelaksanaan residensi, penelitian dan publikasi yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait seluruh aspek manajemen rumah sakit untuk menjawab tantangan perubahan zaman.
  4. Memfasilitasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di seluruh aspek administrasi dan manajemen rumah sakit dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat di rumah sakit untuk meningkatkan kesejahteraan.
  5. Melaksanakan kegiatan akademik dengan tata kelola yang baik mengacu standar nasional Dikti di Program Studi Administrasi Rumah Sakit.
  6. Mengembangkan jejaring dengan berbagai pihak secara nasional dan internasional.
  7. Memiliki nilai – nilai etika dan moral dalam mendukung profesionalitasnya.

KOMPETENSI UNGGULAN

Tujuan Program Studi adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan praktis untuk menjadi seorang manajer rumah sakit yang profesional dan visioner. Untuk itu PS-MARS URINDO menetapkan setiap lulusan diharapkan memiliki keunggulan dalam:

  • Leading Change
  • Bussines acumen
  • Leading people
  • Building coalitions/communication
  • Result driven

 

KEUNGGULAN PRODI MARS URINDO

  1. Matakuliah diampu oleh tenaga dosen yang merupakan pakar dan praktisi pada bidangnya
  2. Kurikulum dibuat dan dievaluasi secara periodik menyesuaikan dengan kebutuhan sebagai manajer dan praktisi perumahsakitan dan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku/ taat azas
  3. Mahasiswa melakukan residensi di rumah sakit untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sebagai manajer dan praktisi perumahsakitan yang didukung ilmu pengetahuan dan teknlogi perumahsakitan
  4. Dosen dan mahasiswa bekerjama saling sinergi dalam penelitian/ riset untuk menunjang pengembangan kewirausahaan dalam perumahsakitan
  5. Program Studi Administrasi Rumah Sakit bekerjasama dengan Rumah Sakit Nasional maupun Internasional yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan riset dan pembelajaran mahasiswa serta pengabdian kepada masyarakat
  6. Menyelenggarakan forum ilmiah yang melibatkan dosen dan mahasiswa dilakukan secara berkala
  7. Mengundang Dosen Tamu yang Pakar di Bidang Perumahsakitan dan kewirausahaan Nasional dan Internasional
  8. Mahasiswa dilibatkan dalam desiminasi dan publikasi hasil peneliian baik nasional maupun internasional
  9. Mahasiswa melakukan praktik administrasi rumah sakit termasuk manajemen di rumah sakit untuk menyiapkan mahasiswa sebagai manajer dan praktisi atau konsultan perumahsakitan.
  10. Mahasiswa mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Rumah Perubahan

PROSES BELAJAR MENGAJAR

Proses belajar mengajar lebih mengedepankan metode interaktif, dimana pengalaman peserta banyak dijadikan sebagai studi kasus, dan peserta dirangsang untuk berperan aktif. Selain belajar di kelas, perkuliahan dilakukan juga di rumah sakit-rumah sakit dan pada semester III peserta melakukan residensi di satu rumah sakit selama 1 semester. Dalam proses belajar, didukung oleh Ruang Kuliah (AC,Laptop,LCD,OHP) perpustakaan mini (khusus PS-MARS) dan perpustakaan universitas, serta laboratorium komputer.

LAMA PENDIDIKAN

Lama studi 4 (empat) semester

GELAR

Lulusan menyandang gelar MARS (Magister Administrasi Rumah Sakit)

LAPANGAN KERJA

Rumah Sakit Pemerintah/Swasta, Departemen Kesehatan Rl, Dinas Kesehatan Propinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Perusahaan, Konsultan Rumah Sakit, Dosen.

STRUKTUR ORGANISASI

DOSEN PENGAJAR

  1. Dr. drg. Tri Budi W Rahardjo, MS
  2. Dr. Soekidjo Notoatmodjo, SKM. M.Comm. H
  3. Dr. Tri Suratmi, M.Pd
  4. Sri Rahayu, MMR, Ph.D
  5. Cicilia Windiyaningsih, SKM. M.Kes
  6. Alih Germas Kodyat, SKM. MARS
  7. Djadjang A, SH., M.Kes
  8. Ign. Wirawan Nugrohadi, SE. M.Si
  9. Dicky Dewanto Tjatur Rahardjo, SKM, MARS
  10. Avicena Indraswara, SKM., MARS
  11. Rachmad, S.Sos, MARS
  12. Ahdun Trigono, SKM, M.Kes
  13. Sonya Dewi Wulandari, MARS
  14. Nurcahyo Andarusito, SE., MARS
  15. Sumijatun, S.Kep., MARS., Ph.D
  16. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS

 

GALERI MAHASISWA