HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN DIMENSI KEPERCAYAAN DENGAN KEPUASAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INTERNET BANKING (Studi Pada Nasabah Perbankan Nasional di Kota Tangerang)

Wahidin, Srikandi W.

Program Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi

Universitas Respati Indonesia Jakarta

Jl. Bambu Apus 1 No.3 Cipayung Jakarta Timur 13890

Email: urindo@indo.net.id

ABSTRAK

 

Sejarah perbankan dimulai dari zaman Babylonia, dilanjutkan ke zaman Yunani Kuno dan Romawi. kegiatan utama bank sebagai tempat tukar menukar uang. Selanjutnya menjadi tempat penitipan dan peminjaman uang oleh dan untuk masyarakat. Majunya teknologi dunia kini, mengubah system pelayanan Pebankan dengan layanan teknologi berbasis computer yakni electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh (sebab-akibat) dari dua atau lebih fenomena melalui pengujian hipotesis. Yang dilakukan di Kota Tangerang khususnya pada Nasabah Perbankan (Bank Mandiri) pengguna internet Banking yang ada di Kota Tangerang yang telah melakukan transaksi perbankan melalui e-banking / Internet Banking. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu lima bulan, yaitu dari Maret – Juli 2012. Alasan Responden menjadi nasabah Bank Mandiri karena ( dari 34.55 % responden) Bank Mandiri memiliki Fasilitas yang tersebar dimana-mana; ATM,Kantor cabang dan sebagainya,24.85 nasabah menilai dari kemudahan melakukan transaksi,21.21% memilih Bank yang kuat dan berkualitas dan 16.36 % memilih Bank karena letak yang strategis/dekat dengan rumah tinggalnya, dan melayani masyarakat mulai dari kelas menengah atas hingga menengah bawah.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Dimensi Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas.